Memahami Apa Itu Korupsi ???

by arek_komunikasi at/on 08.51
in

Korupsi bersala dari bahasa latin “coruptio” yang mempunyai kata kerja commpere yang artinya busuk,rusak,memutar balik/menyogok.
Menurut transparancey international yaitu perilaku pejabat public, politikus atau pegawai negeri. Yang secara tidak wajar memperkaya diri sendiri atau orang-orang terdekatnya dengan cara menyalahgunakan kekuasaan public yang dipercayakan kepada mereka.
Pada tahun 2005, menuru Political Economic and Risk Consultancy, Indonesia menempati urutan pertama sebagai Negara terkorup di Asia. Jika dilihat dalam kenyataan sehari-hari korupsi hamper terjadi di setiap tingkatan dan aspek kehidupan masyarakat. Mulai dari pengurus ijin mendirikan bangunan proyek,pengadaan instansi di pemerintah sampai proses penegakan hokum.
Tanpa disadari korupsi muncul dari kebiasaan yang di anggap lumrah dan wajar oleh masyarakat umum, seperti member hadiah kepada pejabat/pegawai negeri atau keluarganya sebagai imbal jasa atas pelayanan, kebiasaan itu di pandang lumrah dilakukan sebagai bagian dari budaya ketimuran . kebiasaan koruptif ini lama-lama akan menjadi bibiit-bibit korupsi yang nyata.
Kebiasaan perilaku koruptif yang teruus berlangsung di kalangan masyarakat salah satunya disebabkan masih sangat kurangnya mereka terahadap pengertian korupsi. Selama ini kosa kata korupsi sudah poluler di Indonesia. Hamper setiap orang pernah mendengar kata korupsi, mulai dari masyarakat pedalaman,mahasisw,pegawai Negara,orang swasta ,pejabat Negara sampai pejabat Negara. Namun jika ditanyakan kepada mereka apa itu korupsi,jenis perbuatan apa saja yang bias di katagorikan sebagai tindak pidana korupsi? Hamper dipastikan sangat sedikit yang dapat menjawab secara benar tentang bentuk/jenis korupsi sebagaimana disebut oleh undang-undang.


0 komentar:

Posting Komentar


 
fineprint
(c) pemuda indonesia · Using Blogger · Theme by EvanEckard · Blogger Template by Blogger FAQs and Mobi123